Kakanwil Kemenag Prov. Banten Resmikan Pontren Babunnajah Pandeglang Banten
Kakanwil Kemenag Prov. Banten Resmikan Pontren Babunnajah Pandeglang Banten

By pustikom 08 Jun 2021, 21:16:48 WIB Kegiatan Kampus
Kakanwil Kemenag Prov. Banten Resmikan Pontren Babunnajah Pandeglang Banten

PANDEGLANG - Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Babunnajah Kabupaten Pandeglang, kini memiliki pondok pesantren perguruan tinggi yang diberi nama Ma'had Al-Ja'miah.  
Melalui acara Halal Bihalal sekaligus peresmian Ma'had Al-Jami'ah Babunnajah Pandeglang yang diresmikan secara langsung oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Banten Dr. H. Nanang Faturochman, M.Pd pada hari Selasa 8 Juni 2021, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang sekaligus sebagai alumni STAI Babunnajah, selain itu juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pakis Kemanag Provinsi Banten dan seluruh keluarga besar YPI Babunnajah mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi Babunnajah. Ma'had Al-Jami'ah Babunnajah nantiknya akan difungsikan sebagai pondok bagi mahasiswa dalam rangka peningkatan mutu. Melalui Ma'had Al-Ja'miah para mahasiswa akan mengikuti kaderisasi yang diharapkan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program magister dan doktoral. 
Ketua YPI Babunnajah, Aman Sairi mengatakan, program Ma'had Al-Jami'ah sebagai salah satu wadah untuk mencetak mahasiswa yang unggul. Selain mampu menerapkan ilmu di kampus dan kaderisasi ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu dibekali dengan pendidikan agama dan life skill.
"Ma'had Al-Jami'ah dijadikan tempat kaderisasi mahasiswa yang disiapkan untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program magister hingga doktoral. Bahkan ke depan kita akan dikerjasamakan dengan perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan mutu mahasiswa," ujar Aman Sairi, dalam acara halal bihalal dan peresmian Ma'had Al-Jami'ah di YPI Babunnajah, Selasa (8/6).
Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Banten, Nanang Faturohman mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas semua pihak termasuk masyarakat, swasta dan lainnya. 
Menurutnya, YPI Babunnajah menjadi pionir dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pandeglang, bahkan di Indonesia.
"Pembangunan Ma'had Al-Jami'ah itu syaratnya cukup berat dan Babunnajah bisa melakukannya, bahkan pembangunan ini dilakukan mandiri. Kami mengucapkan terima kasih dengan terwujudnya Ma'had Al-Jami'ah, saya harap Ma'had ini bisa melahirkan generasi berkualitas yang cinta terhadap agama, bangsa, dan negara," ujar Nanang. 
Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, Tb Udi Juhdi yang turut hadir dalam acara tersebut, mengatakan bangga bisa menjadi salah satu lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babunnajah pada 2013 lalu. 
"Saya masih ingat waktu saya di Babunnajah, kampus kita masih numpang di atas rel dan saat ini sudah pindah ke Desa Cimedang di atas lahan  tujuh hektare," ujar Sekretaris DPC Gerindra Pandeglang ini.
Udi mengajak, seluruh tenaga pendidik di YPI Babunnajah untuk selalu meningkatkan kompetensi. Tujuannya agar terjadi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi tantangan zaman.
"Semoga Babunnajah mampu mencetak sarjana yang berkualitas dan berintelektual. Saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar Babunnajah," pungkasnya.(*)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment